28 April 2008

MLM - The Hidden Motive

Belum lama berselang, ada seorang sahabat lama ingin bertemu. Yah namanya sahabat direla-relain deh nungguin sampe jam 1 malem, meski nggak enak hati juga sama istri di rumah. Eh, nggak taunya dateng bukannya silaturahmi, die cuma nawarin MLM. Gile juga nih MLM dalam hati, bisa-bisanya bikin orang jauh-jauh bisa dateng!! Ini sudah yang ke 5 kalinya kali ditawarin MLM, yang produknya obatlah, alat-alat kecantikan lah, dari MLM lokal sampe impor kaya Amway.

Dipikir-pikir, MLM (Multi Level Marketing) memang trend marketing yang “cerdas” buat menjual produk di pasar yang lagi lesu. Bayangin suatu produk suplemen (obat) seharga ratusan ribu rupiah yang biasanya orang kaya juga pikir-pikir dua kali untuk beli, lewat MLM orang lagi krismon kemaren sampe minjem2 duit mau berlomba-lomba beli, trus maksa beli lagi, beli lagi!

Ide baiknya memang mencoba menjajakan produk langsung tanpa lewat distributor/agen sehingga diharapkan orang bisa beli harga produsen. Tapi kenyataannya bukannya harga produk bisa dipotong, eh malah di-mark up gila-gilaan sampe 200%!! Buat siapa lagi, selain buat orang yang udah punya kaki-kaki tangan atau level-level dari hirarki sistem MLM.

Metode segitiga Pascal itu! Satu agen harus narik minimal 2 kaki, nah si kaki ini juga harus nyari temennya, dari 1,2,4, 8, 16 terus jadi 2 pangkat (level) ke n. Kalo minimal 3 kaki berarti 3 pangkat (level) ke n.

Secara garis besar artinya selain dia (harus) beli itu produk juga “memaksa” anak buah di bawahnya juga harus membeli produk itu (baca: konsumtif).

Dari 200% mark up tadi dibagi2 deh buat jenjang2 di MLM. Kalo udah level tinggi biasanya udah bisa dapat fee 25% (1/4) harga produk di kali n kuadrat. Misalnya paling tinggi level 8 berarti kalo harga produknya Rp. 400 ribu, die bisa untung= 2 pangkat 8 (=256) x 100.000 = Rp. 25.600.000 dengan ongkang2 kaki sekali penarikan!! Itu bisa sebulan atau seminggu sekali!!

Itu buat sistem 2 kaki, coba kalo kayak Amway yang min. 4 kaki. Kalo die level 8 berarti= 4 pangkat 8 (=65.536) x fee -misalnya nggak gede2- Rp. 10.000 = Rp. 655.360.000 sekali penarikan per bulan/per minggu!!!!

Wajar aja di hasil riset suatu majalah bisnis, kalo pekerjaan MLM adalah peringkat gaji tertinggi di atas dokter spesialis sama manajer2 multinasional. Tapi kayaknya masih dibawah sedikit dari gaji anggota DPR, ya nggak?!


No comments: